Tuesday, October 11, 2011

Pemandangan Bumi Kita di Malam Hari

Untuk itu kali ini saya hanya menampilkan gambar2 pemandangan bumi kita di malam hari yang gambarnya diambil oleh sebuah satelit NASA di suatu hari di bulan November 2000. Dearah2 yang saya tampilkan adalah daerah2 yang paling terang benderang dan yang terlihat paling “indah” pada malam hari. 

>Baca Selanjutnya<
Gambar pertama adalah gambar atau peta Amerika Serikat pada malam hari. Kita melihat gemerlapnya kota2 besar (dan juga kota2 kecilnya) di Amerika Serikat pada malam hari yang seperti kunang2 (hanya saja tidak berkelip2 tentu saja). Di situ terlihat pantai timur AS lebih terang dibandingkan dengan pantai barat AS. Di pantai timur, megalopolitan New York-Philadelphia hingga Boston nampak bercahaya dengan gemerlapnya. Sedangkan di sekitar danau Michigan ada kota2 Milwaukee dan Chicago yang nampak gemerlap. Sedangkan di pantai barat AS (yang berbatasan dengan lautan Pasifik), kota2 di California mulai dari San Francisco hingga San Diego tak kalah ingin memamerkan ke-glamour-annya dengan bermandikan cahaya kota2 mereka masing2. 
Sementara di daerah Baja California yang merupakan bagian dari Meksiko justru sebaliknya, nampak gelap gulita! Mungkin ini menandakan perbedaan antara AS dan Meksiko, cerita klasik antara si kaya dan si miskin. 

Gambar berikut adalah gambar benua Eropa di malam hari. Tidak disangsikan lagi, benua ini secara umum adalah benua yang paling terang dan gemerlap jika dilihat malam hari dari luar angkasa. Daerah2 yang terang bukan saja di kota2 besar, tetapi juga di kota2 kecil, sangking terangnya contour benua Eropa terlihat sangat jelas di malam hari dari luar angkasa walaupun hanya bermodalkan penerangan2 lampu2 kota. Bahkan daerah2 yang sedikit penduduknya seperti di Skandinavia Utara masih terlihat relatif terang. Daerah2 yang paling terang adalah daerah industri Ruhr di Jerman memanjang hingga Belgia, ke utara hingga Belanda serta ke selatan hingga perbatasan Perancis. Sementara di Inggris, kota2 seperti: London dan juga Manchester hingga Liverpool, Leeds dan Birmingham nampak seperti kunang2 raksasa yang terang benderang di malam hari. Sementara di Skotlandia nampak sebuah garis terang antara Glasgow dan Edinburgh. Tak disangkal lagi Benua Eropa adalah benua yang penerangannya paling merata di seluruh dunia. 



Gambar ketiga adalah gambar daerah Asia Pasifik di malam hari. Di daerah ini tak diragukan lagi, Jepang (kanan atas) dan Korea Selatan bintangnya. Dua negara tersebut berhasil menunjukkan contour negaranya di malam hari lewat penerangan kota2nya yang indah. Sebaliknya Korea Utara yang komunis sosialis terlihat hampir 100% gelap, hanya kota Pyongyang saja yang menunjukkan sedikit cahaya di malam hari, sangat kontras dengan negara tetangga mereka yang satu bangsa: Korea Selatan. Bagaimana dengan negara kita?? Meskipun lebih lumayan dari Korea Utara secara umum, namun tetap saja termasuk gelap gulita! Hanya Pulau Jawa saja yang agak lumayan terang. Di Pulau Sumatra, Medan dan Palembang yang terlihat lumayan, sedangkan di Kalimantan terdapat titik2 cahaya kecil di Balikpapan, Samarinda, Pontianak dan Banjarmasin serta kota2 di sekitarnya. Juga terdapat titik2 kecil di kota2 besar lainnya di pulau2 lainnya seperti di Makassar, Manado dan Jayapura. Bagaimana dengan negara2 jiran kita? Surprise! Surprise! Ternyata negeri jiran kita yang katanya lebih makmur: Malaysia, ternyata tidak lebih terang dari negara kita. Bahkan Pulau Jawa masih lebih terang dibandingkan dengan Semenanjung Malaya. Hanya terdapat sebuah garis terang tipis antara Kuala Lumpur-Putrajaya dan Singapura. Ada juga sebuah titik terang yang lumayan signifikan di Pulau Penang dan Ipoh. Brunei Darussalam yang juga makmur ternyata “hanya mampu” membuat sebuah garis tipis saja di pantai utaranya. Bagaimana dengan negara2 ASEAN lainnya?? Secara umum tidak beda jauh, kota Bangkok yang menyatu dengan kota Thon Buri membuat sebuah titik terang yang besar yang sepertinya mempunyai tentakel seperti gurita. Di Filipina, Manila-Quezon City juga terlihat cukup terang pada malam hari dari luar angkasa.

No comments: